Cari Ruko


Kota/Kabupaten:
Kecamatan:
Kisaran harga:
Jumlah lantai:
Posisi Ruko:

Jika Anda Ingin Menjual Ruko

Bagi orang yang awam dalam hal jual beli properti khusunya dalam hal menjual ruko, ada baiknya Anda minta tolong kepada perantara / agent properti untuk menjualkan ruko Anda. Karena jika tidak, anda akan merasa rumit dengan prosedural yang ada. Hal ini karena ruko termasuk dalam ruang lingkup benda tidak bergerak, yang pengalihannya memerlukan campur tangan pejabat publik seperti kantor pertanahan, Pajak, PPAT sebagai pihak yang mengesahkan. Selain itu dengan bantuan Perantara / Agent Properti akan meringankan pemilik properti karena dengan jaringan agen yang luas dapat memercepat terjualnya properti Anda.

Tetapi jika Anda ingin menjualnya sendiri tanpa perantara maka cara termudah adalah dengan berkonsultasi dengan Notaris / PPAT setempat dan menyerahkan semua urusan prosedural kepadanya, namun demikian tetap saja Anda perlu memahami prosedural yang ada supaya tidak terjebak pada kesalahan.

Keuntungan lain jika menggunakan jasa agen yaitu Anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan masalah dokumen-dokumen properti karena semuanya akan diurus langsung, dan berikut keuntungan yang lain.


1. Efisien

Pemilik properti tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk menjual dan memasarkan propertinya.


2. Menetapkan Harga Jual Properti

Menentukan harga properti bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika Anda mengetahui tekniknya tentu ini bukanlah hal yang membingungkan, namun jika tidak salah-salah properti Anda tidak akan laku terjual.

 

3. Jaringan Luas

Walaupun Anda sangat aktif dan memiliki jaringan yang luas bukan berarti properti yang Anda jual akan laku dengan sendirinya. Biasanya tiap agen memiliki jaringan khusus para pembeli properti, oleh karena itu keunggulan mereka dapat anda manfaatkan.


4. Promosi Yang Efektif

Agen properti sudah terbiasa dalam menangani jual beli ataupun proses sewa menyewa, sehingga mereka pasti lebih paham dalam mengatur strategi promosi.

 

5. Menyiapkan Dokumen

Untuk Anda yang sibuk dan memiliki jadwal padat, mengurus dokumen-dokumen kelengkapan properti sangat menyita waktu. Dengan agen properti, semua bukan masalah lagi. Agen akan membantu Anda dalam melengkapi dokumen, Akta Jual Beli, proses balik nama, dan dokumen-domen penunjang lain.

 

7. Data Calon Pembeli

Bagi mereka yang terbiasa dalam bisnis properti sudah barang tentu memiliki target pasar yang dituju. Tidak jarang juga agen properti akan berebut pembeli untuk jenis properti yang sama, dan properti Anda semakin cepat terjual.


Demiukian beberapa keuntungan jika anda menggunakan jasa perantara / Agen Properi.



Selain Keuntungan ada juga kekurangan apabila menggunakan Jasa Agent Property diantaranya:


1. Adanya Fee Agen

Penjual Properti mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar ongkos agen. Ada komisi untuk tiap transaksi yang terjadi yang besarnya sekitar 2-3% dari nilai properti yang dijual. Bagi beberapa pemilik properti, biaya sebanyak itu cukup berarti, sehingga mereka memilih tidak menggunakan jasa agen. Selain itu, bisa saja ada kerugian yang tidak terprediksi, seperti ternyata harga jual terlalu rendah atau waktu penjualan yang lama.

2. Kompetensi Agen Yang Berbeda-Beda

Profesionalitas agen properti berbeda-beda. Memilih agen properti yang berkualitas juga tidak mudah. Bisa jadi pemilik properti mendapatkan agen yang tidak rajin, sehingga penjualan properti kurang cepat. Misalnya setelah memasang iklan, agen hanya menunggu telepon dari calon pembeli tetapi tidak aktif menelepon atau mendatangi calon pembeli. Dan yang umum dilakukan oleh seorang broker adalah meminta/mendapat komisi ganda, di mana dia menerima komisi dari penjual dan juga pembeli.

Atau kasus lainnya, ada agen properti yang tidak memberikan informasi pembeli prospek dengan penawaran harga yang tinggi ke pemilik karena pembeli ini dikenalkan oleh agen lain yang mengharuskan agen utama berbagi fee dengan agen lain. Bagi agen profesional, tentu ia tidak menyembunyikan informasi penting ini, walaupun agen rugi karena harus berbagi fee. Yang banyak terjadi di lapangan adalah agen lebih memilih mengenalkan calon pembeli dengan harga yang lebih murah ke pemilik agar ia tidak perlu berbagi fee kepada agen lain dan mendapatkan untung lebih besar dari sana.

Beberapa agen properti nakal juga seringkali dengan sengaja menyimpan calon pembeli dan penjual dengan harapan bisa menjual propertinya dengan harga dan komisi yang lebih tinggi. Hal ini melanggar etika, dan tidak diperbolehkan oleh AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Maka, mengetahui reputasi agen properti yang baik dengan sertisikasi profesional tentu menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik properti sebelum mempercayakan propertinya dijual oleh sang agen.

3. Terikat Dalam Kesepakatan Bersama Agen

Karena terikat perjanjian dengan agen, kita tidak bisa bebas menjual properti kita kepada orang lain dalam waktu tertentu. Hal ini bisa menjadi hambatan juga jika pemilik properti ingin cepat menjual propertinya. Namun pemilik properti bisa mengajukan perjanjian dengan agen bahwa masing-masing bisa mencari calon pembeli. Namun, ada juga pemilik yang ingin bebas dari kesepakatan bersama satu agen saja agar propertinya cepat laku. Maka, sebagai pemilik pun anda wajib mengetahui bahwa kesepakatan penjualan properti dengan agen masih bisa dinegosiasikan.

Dalam hal pengawasan kinerja agen properti, kini sudah ada organisasi profesi, yakni AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) yang keberadaannya sudah diakui pemerintah. Ada baiknya pemilik properti memilih agen/broker yang sudah terdaftar dalam AREBI, sehingga lebih terjamin keamanannya. Bila ada agen properti yang nakal, maka konsumen bisa melaporkannya kepada AREBI supaya asosiasi dan pemerintah dapat bekerjasama untuk memperketat peraturan bagi agen properti yang belum terdaftar secara profesional dan melanggar etika dalam proses jual beli ataupun sewa properti.

Pemilik properti yang ingin menggunakan jasa agen properti/broker ada baiknya meminta saran dan rekomendasi dari rekan yang sudah pernah menggunakan jasanya dan pemilik harus lebih cermat dalam memilih agen. Jika dilihat ulasan diatas, sebenarnya keuntungan menggunakan agen lebih banyak dibandingkan kerugiannya. Maka, pemilik properti pun tetap harus teliti dan berhati-hati dalam memilih agen properti.